5 CARA MERAWAT MOBIL MATIC


5 CARA MERAWAT MOBIL MATIC DENGAN MUDAH

Tips dan cara merawat mobil matic perlu diketahui bagi Anda pengendara mobil bertransmisi otomatis. Berkat kelebihannya dibandingkan mobil manual, mobil matic memang menjadi pilihan bagi orang yang memiliki tingkat rutinitas tinggi. Pengendara mobil matic tidak perlu lagi pusing memindahkan tuas transmisi seperti mobil manual. Terlebih lagi saat ini sudah banyak mobil jenis hatchback dengan harga terjangkau untuk menunjang pengendara dengan tingkat mobilitas tinggi.
Dibalik banyak kelebihan yang ditawarkan, perawatan mobil matic sangat rentan akan kerusakan terutama di bagian transmisi. Biasanya biaya perbaikan untuk mobil matic lebih mahal jika dibandingkan dengan perawatan mesin mobil manual. Oleh karena itu, bagi Anda pengendara mobil matic sebaiknya memerhatikan 5 caramerawat mobil matic dengan mudah berikut ini.
1. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Bepergian
Banyak pengendara yang menganggap sepele poin ini, padahal jika Anda tidak memanaskan mobil sebelum bepergian, maka mesin mobil matic jadi terganggu. Untuk merawat mesin mobil, panaskan mobil setiap pagi dan pastikan tuas transmisi mobil matic sedang berada di posisi ‘N’ (Netral) untuk menghindari mobil melaju tanpa disadari.
2. Gunakan Persneling dengan Benar
Saat mesin mobil matic dalam keadaan menyala atau belum benar-benar berhenti, hindari menggunakan persneling ‘P’ (Parking), karena hal tersebut dapat merusak bagian persneling mobil Anda. Sedangkan jika Anda sedang memarkirkan mobil, hindari memasukkan persneling ‘D’ (Drive) karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan kopling mobil karena persneling tidak digunakan sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian pastikan tuas transmisi berada di posisi ‘P’ ketika Anda memarkirkan mobil matic.
3. Ganti Oli Secara Teratur
Mengganti oli secara teratur sangat penting dalam merawat mobil matic, apalagi jika Anda sering bepergian jarak jauh. Jika Anda mengabaikan penggantian oli dalam jangka waktu yang dianjurkan, hal itu dapat menyebabkan kerusakan di bagian sistem transmisi mobil Anda. Adapun rekomendasi penggantian oli adalah setiap jarak tempuh 80.000 KM hingga 100.000 KM. Gunakan oli khusus mobil matic dengan tingkat kekentalan yang pas
4. Lakukan Uji Jalan
Uji jalan mobil matic sebaiknya dilakukan setiap beberapa bulan sekali, yaitu dengan menjalankan mobil seperti biasa dan kemudian pindahkan persneling. Dalam proses ini diperlukan kecermaan, jika dalam perpindahan persneling tersebut menghasilkan suara bising serta mobil sedikit tergoncang, kemungkinan mobil Anda mengalami masalah di bagian transmisi. Jika hal tersebut terjadi, segera bawa mobil matic Anda ke bengkel sebelum kerusakan di bagian transmisi semakin parah.
5. Servis Berkala
Cara merawat mobil matic yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan secara berkala. Sama halnya dengan mobil bertransmisi manual, Anda sebagai pemilik mobil matic harus mengikuti instruksi servis berkala yang direkomendasikan dalam buku manual. Selain untuk memperbarui kondisi kendaraan, servis berkala mesin mobil matic memang diwajibkan oleh setiap aturan garansi mesin yang diberikan oleh produsen.
Selain mengikuti 5 cara merawat mobil matic di atas, Anda juga perlu membaca buku manual tentang mobil matic yang berisi tentang cara merawat mobil matic yang baik dan benar. Apabila ada kendala yang terjadi, segera hubungi mekanik atau bengkel resmi kendaraan Anda.
Sumber https://www.deltalube.com/

Demikian Artikel dari kami. semoga membantu
Jika kalian membutuhkan sparepart mobill copotan bisa hubungin kami. kami menjual berbagai macam Sparepart Mobil Copotan Ex Singapore.Jepang.Korea semua barang yang kami jual EX bukan barang lokal. Seperti :
* TRANSMISI MATIC / MANUAL
* POWERSTERING
* GARDAN KOMPLIT
* CAKRAM
* COIL-COIL
* SENSOR-SENSOR
* DINAMO STATER
* DINAMO AMPER
* SHUTBLOK
* CYLINDER HEAD
* POMPA POWERSTERING
* COMPRESSOR AC
* TONGKOL
*DLL

Kondisi barang 80-90%
Garansi 1 bulan
Semua barang yg kami jual semua hidup, normal, Menerima untuk pengiriman keseluruh indonesia via ekspedisi Darat/Darat/Laut

Telp : 081290301655
Tlpn/Wa : 087889263023

Terimakasih😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA GAMPANG CEK KONDISI KOIL

KENALI CIRI-CIRI KOIL MOBIL RUSAK